Search

15 Bahan Makanan Pengganti Nasi Putih | merdeka.com - merdeka.com

15 Bahan Makanan Pengganti Nasi Putih Ilustrasi pengganti nasi. ©Pixabay/Einladung_zum_Essen/JamesHills/Shutterstock

Merdeka.com - Terpikir untuk mengurangi konsumsi nasi putih? Tetapi tubuh manusia tetap butuh karbohidrat setiap hari. Jadi sekarang saatnya untuk mempertimbangkan bahan makanan yang bisa menjadi pengganti nasi putih.

Berikut ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan oleh Healthline. Mulai dari quinoa, kembang kol, sukun, sampai talas.

1 dari 14 halaman

Kembang Kol

Ilustrasi nasi kembang kol. Shutterstock

Sudah pernah mencoba nasi dari kembang kol? Rasanya tak kalah dari nasi putih. Selain itu, kembang kol juga lebih kaya serat dan nutrisi.

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang kaya antioksidan. Beberapa di antaranya adalah betakaroten, kuersetin, asam sinamat, dan beta-cryptoxanthin.

Vitamin C dan E yang dimilikinya baik untuk kesehatan kulit. Sementara vitamin K akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2 dari 14 halaman

Quinoa

Ilustrasi quinoa. Pixabay/Einladung_zum_Essen

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

3 dari 14 halaman

Shirataki

Ilustrasi shirataki. iStock

Shirataki adalah sejenis mi yang dibuat dari umbi konnyaku. Konnyaku sendiri dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi pejuang diet, karena rendah kalori dan kaya serat. Olah menjadi masakan apa saja yang biasanya menggunakan mi.

4 dari 14 halaman

Zoodles

Ilustrasi zoodles. Pixabay

Anda bisa membuat mi favorit vegetarian dengan menyerut zukini menggunakan spiralizer. Mi yang satu ini biasa dijadikan pengganti pastas spaghetti.

5 dari 14 halaman

Nasi Merah

Ilustrasi beras merah. Pixabay/EzBom

Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Mungkin Anda sudah sering mendengar premis ini. Menurut artikel yang dilansir iDiva, beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tak cukup sampai di situ, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan.

6 dari 14 halaman

Brokoli

Ilustrasi nasi brokoli. Eating Well/Allrecipes

Seperti kembang kol, brokoli juga bisa dicincang dan diolah seperti nasi. Serat di dalam brokoli baik untuk mereka yang sedang berdiet. Menyantap brokoli akan membuat perut cepat kenyang. Sayuran ini juga rendah kalori, lho.

Vitamin C dan dan kalsium di dalam brokoli akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Brokoli dipecah di dalam lambung menjadi sejumlah senyawa. Salah satunya adalah indolocarbazole atau ICZ. ICZ mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon atau AHR) yang bertugas menjaga kelancaran fungsi cerna usus.

7 dari 14 halaman

Labu Madu

Ilustrasi labu madu. Shutterstock

Kerap disebut dengan nama butternut squash, labu madu juga punya julukan spaghetti squash. Pasalnya buah ini bisa diserut seperti mi. Cukup panggang atau kukus labu madu, lalu serut dengan garpu untuk mendapatkan pasta vegetarian.

8 dari 14 halaman

Singkong

Ilustrasi singkong. Pixabay/Brett_Hondow

Harganya murah, berserat tinggi, kaya magnesium, baik untuk jantung, dan punya khasiat antikanker. Singkong jelas bisa jadi pengganti nasi putih yang ideal. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan.

9 dari 14 halaman

Ubi Jalar

Ilustrasi ubi. Pixabay/Silentpilot

Ubi jalar memang manis, tetapi justru baik untuk penderita diabetes. Asam folat, vitamin B6, kalium, dan vitamin D yang terkandung di dalamnya juga baik untuk kesehatan.

Ubi kuning kaya karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Sementara ubi ungu diperkaya antosianin yang berkhasiat antikanker.

10 dari 14 halaman

Oatmeal

Ilustrasi oatmeal. Shutterstock

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sudah dipercaya bertahun-tahun sebagai pengganti nasi putih. Anda bisa mengolahnya menjadi bubur, overnight oat, atau masakan lainnya.

11 dari 14 halaman

Sukun

Ilustrasi sukun. Shutterstock

Sukun yang di luar negeri lebih dikenal dengan nama breadfruit digadang-gadang sebagai sumber energi super di masa depan. Buah sukun merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Dilansir USA Today, satu buah berukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat satu keluarga yang terdiri dari 5 orang.

Sukun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Konon rasanya seperti artichoke. Sementara sukun yang sudah matang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kentang.

12 dari 14 halaman

Talas

Ilustrasi talas. Shutterstock

Umbi talas mengandung serat tinggi yang membuatnya baik untuk diet. Selain itu ada kandungan mangan, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, magnesium, talas juga mengandung jumlah antidioksidan yang baik, serta vitamin C, B dan E.

Olah talas dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Sesuai selera Anda.

13 dari 14 halaman

Jagung

Ilustrasi jagung. Pixabay/RoyBuri

Pada tiap butir jagung yang ada, terdapat kandungan banyak vitamin, mineral, serta serat yang bisa menyehatkan tubuh. Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang terkandung dalam jantung bisa membantu menyehatkan jantung. Juga baik untuk pencernaan.

Anda bisa mengolah jagung dengan cara direbus, dikukus, dijadikan campuran tumisan, bubur, sup, atau salad.

14 dari 14 halaman

Kentang

Ilustrasi kentang. Pixabay/JamesHills

Kentang juga memiliki zat tepung dan karbohidrat yang menjadikannya ideal sebagai pengganti nasi. Selain itu kentang juga punya kandungan vitamin C.

Kentang bisa diolah menjadi salad, perkedel, skotel, kentang goreng atau masakan lainnya. [tsr]

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
September 17, 2019 at 04:00PM
https://ift.tt/2QiUaxe

15 Bahan Makanan Pengganti Nasi Putih | merdeka.com - merdeka.com
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "15 Bahan Makanan Pengganti Nasi Putih | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.