Search

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut - Merah Putih

GENDUT bagi kebanyakan orang adalah suatu definisi yang menyakitkan, terlebih bagi perempuan. Namun kendala orang Indonesia saat ingin diet adalah mereka tidak bisa makan tanpa makanan pokok sehari-hari, nasi putih. 'Belum makan rasanya kalau belum kena nasi', prinsip yang dipegang oleh kebanyakan orang itu membuat banyak orang tidak bisa melakukan program penurunan berat badan.

Adakah solusinya? Tentu saja, kamu harus mengganti nasi putih yang biasa kamu makan dengan nasi merah. Jenis nasi ini memiliki kalori yang lebih rendah, tetapi kaya akan serat dan vitamin. Merangkum dari berbagai sumber, ini alasan mengapa nasi merah bisa kamu gunakan untuk opsi diet.

Baca juga:

Kini Ada Diet Keto Versi 2.0, Apa Itu?

1. Gandum Utuh

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut
Nasi merah termasuk biji-bijian utuh (Foto: Pixabay/Nennieinszweidre)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, beras atau nasi merah dianggap sebagai gandum utuh. Makanan gandum utuh mempertahankan seluruh biji gandum, termasuk kuman, dedak, dan endosperma.

Orang-orang yang memasukkan lebih banyak biji-bijian utuh dalam makanan mereka memiliki tingkat penyakit jantung dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Selain itu, orang dengan asupan biji-bijian tinggi juga cenderung memiliki bobot tubuh lebih rendah.

2. Sumber Serat

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut
Kaya akan Serat (Foto: Pixabay/27707)

Secara keseluruhan, nasi merah dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan serat harianmu. Menurut Colorado State University, asupan serat yang disarankan adalah 14 gram per 1.000 kalori yang dikonsumsi per hari. Seperempat cangkir sajian beras merah mengandung 2 gram serat, memenuhi 8 persen dari nilai serat harianmu.

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh mu, dan mungkin terkenal karena kemampuannya untuk membantu meningkatkan fungsi usus dan mencegah sembelit.

Tetapi serat dalam mekanan seperti beras merah juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar dengan memperlambat pencernaan, pada akhirnya bisa membantu program diet.

Baca juga:

Teh Hijau Bisa Bantu Kamu Diet, Masa sih?

3. Zat besi dalam Nasi Merah

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut
Memenuhi Kandungan Zat Besi Harian (Foto: Pixabay/Fotoblend)

Nasi merah dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan zat besi harian. Menurut National Institutes for Health, tunjangan diet zat besi yang direkomendasikan untuk pria dewasa adalah 8 miligram. Kebutuhan wanita lebih tinggi, dengan tunjangan makanan yang direkomendasikan 18 miligram. Satu porsi nasi merah memenuhi 2 persen dari nilai harian kamu untuk zat besi.

Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh mu untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa cukup zat besi dalam makanan kamu, tubuh mu mungkin tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan, menyebabkan kamu merasa lelah dan menurunkan kemampuan Anda untuk melawan infeksi.

Anemia kekurangan zat besi adalah kekurangan gizi yang paling umum di dunia, menurut Kantor Suplemen Diet. Termasuk makanan kaya zat besi dalam makanan kamu, seperti nasi merah, dapat membantu memastikan kamu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Bebas Lemak

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut
Nasi merah bebas lemak (Foto: Pixabay/TotalShape)

Nasi merah juga bebas lemak. Sementara lemak adalah nutrisi penting yang memberi tubuh kamu energi dan membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

Asupan lemak tinggi telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker tertentu. Asupan lemak yang tinggi juga meningkatkan risiko obesitas.

Namun, tidak semua lemak sama. Lemak jenuh dan lemak trans harus dihindari sebisa mungkin. Kamu harus membatasi asupan lemak harian Anda kurang dari 35 persen kalori, atau sekitar 77 gram pada diet 2.000 kalori. (Nic)

Baca juga:

Alasan Mengapa Nanas Bagus untuk Diet

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
February 13, 2020 at 11:31AM
https://ift.tt/2SmHoNb

Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut - Merah Putih
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nasi Merah, Alternatif Mengenyangkan untuk Kamu yang Takut Gendut - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.