Search

Tak Terasa Program Nasi Gratis Sudah Berjalan Setahun, Sehari Bisa Sampai 70 Boks, Ini Penggagasnya - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR, BANDUNG - Menginjak usia satu tahun pada 12 Oktober 2019, program Nasi Gratis (nasgrat) sudah menyalurkan sedikitnya 9 ribu boks nasi gratis kepada yang membutuhkan.

Penggagas Nasgrat Dudy Supriyadi mengatakan, ia bersama istri setiap hari memasak nasi sebanyak 30-50 boks/bungkus.

"Nasi gratis dikemas menggunakan dus, dibungkus kertas ataupun menggunakan mika plastik lengkap dengan lauk dan air mineralnya," ujar Dudy Supriyadi di Balai Kota Bandung, Senin (7/10/2019).

Menurut Dudi, bermula dari keprihatinan banyaknya pedagang, pekerja keliling, pemulung dan pengamen yang lewat depan rumahnya dan sesekali mampir depan warungnya untuk mencari minuman bahkan makanan ringan.

"Saat saya tanya apakah belum sarapan, banyak yang jawab belum sarapan, contohnya seorang penjahit keliling merasa haus dan lapar tapi belum dapat pelanggan," ujar Dudy.

Sosok Bupati Lampung Utara yang Terjaring OTT KPK, Pernah Ancam PNS yang Terbukti Lakukan Korupsi

Dari pengalaman tukang jahit , pada 12 Oktober 2018 ia dan istrinya mencoba memasak nasi gratis sebanyak 20 bungkus, kemudian bertambah 30, 50 sampai 70 boks/bungkus setiap harinya, terutama di hari Jumat jumlahnya lebih banyak.

Dimulai dengan menggunakan etalase kecil di atas meja reyot bekas tempat komputer yang kebanjiran beberapa waktu lalu, sehingga dikhawatirkan meja tersebut roboh karena kayu yang keropos.

Pada akhirnya sejumlah donatur pun berdatangan, salah satunya penyediaan etalase dilengkapi spanduk, sehingga terlihat lebih rapi dan bersih.

Seiring bertambahnya waktu, para penerima nasgrat pun bertambah, ada di antara mereka yang menginginkan agar nasinya lebih banyak, sehingga sarapan pagi diharapkan bisa menahan lapar sampai siang hari.

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
October 07, 2019 at 12:02PM
https://ift.tt/2AODK55

Tak Terasa Program Nasi Gratis Sudah Berjalan Setahun, Sehari Bisa Sampai 70 Boks, Ini Penggagasnya - Tribun Jabar
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Terasa Program Nasi Gratis Sudah Berjalan Setahun, Sehari Bisa Sampai 70 Boks, Ini Penggagasnya - Tribun Jabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.