Search

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Makan Nasi Dingin? - Trubus.id

Ilustrasi. (Reader's DIgest)

Trubus.id -- Apakah Trubus Mania salah satu dari pencinta nasi, yang merasa bahwa tidak ada yang lebih baik dari nasi untuk menikmati makanan yang banyak dan sehat? Tak dapat disangkal fakta bahwa beras memang merupakan salah satu makanan pokok yang paling dicintai di seluruh dunia dan terutama di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Diperkaya dengan kebaikan alam, beras sarat dengan nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral seperti niasin, vitamin D, vitamin B, tiamin, kalsium, magnesium, dan zat besi. Terlepas dari semua ini, nasi mudah dicerna dan memiliki lemak jenuh lebih sedikit dan memiliki kolesterol baik dibandingkan dengan makanan lain.

Jadi, dari rasa dan teksturnya yang menyenangkan, hingga komposisi yang mudah dicerna dan bagi nutrisi yang baik, beras memang berkah bagi pecinta nasi.

Apa itu nasi dingin?

Nasi dingin - disebut juga basi chawal di India - adalah makanan pokok di banyak bagian negara, terutama India timur, pada bulan-bulan musim panas. Dipercaya menurunkan suhu tubuh dan diyakini sebagai pendingin. Ini melindungi tubuh dari serangan panas dan menjaga flora usus tetap utuh.

Jika kamu termasuk orang yang malas maka nasi bisa menjadi penyelamatmu! Mari kita akui bahwa ada hari-hari ketika kita merasa sangat malas sehingga kita bahkan tidak ingin memanaskan makanan dan memakannya begitu saja! Sesekali kita semua pasti melakukannya; Tetapi bagaimana pengaruhnya bagi kesehatan? Apakah itu 'baik' atau 'buruk'? Nah, berikut ini adalah pendapat tentang bagaimana makan nasi dingin berdampak pada tubuh dan apakah itu baik atau buruk untuk kesehatan.

Manfaat nasi dingin

Nasi dingin memiliki kandungan pati resisten jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nasi hangat yang baru dimasak. Pati resisten memiliki serat tidak larut, yang sulit bagi tubuh untuk dicerna. Namun, keberadaan bakteri dalam usus dapat memfermentasi, yang selanjutnya bertindak sebagai prebiotik, yang berdampak pada berfungsinya dua hormon glukagon dan peptida YY, yang memengaruhi nafsu makan. Pati resisten dalam nasi dingin berdampak pada hormon antidiabetes dan antiobesitas, ini meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lemak perut.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dengan 15 orang dewasa sehat, diamati bahwa makan nasi putih yang dimasak selama 24 jam pada suhu 4°C dan kemudian dipanaskan kembali, secara efektif mengurangi kadar gula darah setelah makan. Studi lain menetapkan bahwa konsumsi tepung beras menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah dan kesehatan usus.

Jadi, apakah makan nasi dingin itu sehat?

Nah, dalam beberapa kasus, makan nasi dingin tampak seperti anugerah, dengan adanya pati resisten, yang berdampak pada kadar gula darah serta kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, ada penelitian yang menekankan fakta bahwa makan nasi dingin juga dapat memengaruhi metabolisme dengan meningkatkan risiko keracunan makanan dari bakteri yang dikenal sebagai Bacillus cereus. Gejala-gejalanya cukup umum seperti kram perut, diare dan mual.

Makan nasi dingin, jika kamu memang suka, juga baik untuk kesehatan dan dapat bertindak sebagai pendingin tubuh. Di musim dingin mungkin tidak begitu cocok dengan tubuh, tetapi pada musim panas itu dapat dinikmati dengan lauk pendamping favorit! Penting untuk memastikan bahwa beras telah disimpan dalam kondisi yang tepat jika tidak dapat menampung bakteri dan menyebabkan keracunan makanan.

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
January 25, 2020 at 07:00PM
https://ift.tt/2vkFLX7

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Makan Nasi Dingin? - Trubus.id
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Makan Nasi Dingin? - Trubus.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.