Search

Apakah nasi lemak benar-benar makanan khas Malaysia? - BBC Indonesia

Jelas mengapa nasi lemak adalah hidangan nasional (tidak resmi) Malaysia.

Tanyakan kepada orang Malaysia mengapa mereka menyukai nasi lemak, dan Anda akan langsung mendapat berbagai tanggapan.

Banyak yang mengaitkannya dengan rasa dan aroma yang menenangkan, yang mengingatkan mereka akan masa kecil mereka, sementara yang lain menunjukkan perpaduan rasa dan tekstur yang khas dari makanan Malaysia yang enak: pedas, gurih, manis, lembut, dan renyah.

Orang Malaysia sendiri mengakui bahwa tidak ada yang menyatukan bangsa multikultural ini lebih baik daripada makanan mereka, menjadikan nasi lemak bukan hanya bagian dari masakan mereka, tetapi bagian dari identitas bersama mereka.

"Ini adalah hidangan Melayu pertama yang dipelajari ibu saya yang imigran [dari India]," kata Nages Sieslack, generasi Malaysia pertama. "Sederhana, namun unik. Anda dapat memiliki atau melayani setiap saat sepanjang hari, dan Anda tidak akan pernah salah. "

Nasi lemak Malaysia yang klasik, disajikan di warung pinggir jalan atau truk makanan, terdiri dari nasi yang dikukus dalam santan dan daun pandan beraroma, disajikan dengan sambal ektra pedas (sambal cabai), kacang goreng dan teri, irisan mentimun dan telur rebus setengah matang.

Makanan ini dibungkus rapat menjadi bentuk kerucut dengan dua lapis daun pisang dan koran, atau bisa dengan kertas minyak berwarna coklat.

Pelanggan juga bisa memilih dari bermacam lauk pauk seperti rendang daging sapi (tidak renyah, tentu saja), ayam goreng yang dibumbui atau berbagai macam makanan laut.

Meskipun biasa dimakan untuk sarapan, ketersediaan nasi lemak selama 24 jam sepanjang pekan menjadikannya santapan siang hari serta camilan pasca-clubbing, dengan beberapa orang mengklaim itu adalah obat yang manjur untuk mabuk.

Sebuah pemandangan umum di sebagian besar kota adalah orang Malaysia dari semua kalangan duduk di meja lipat Formica pada "jalan lima kaki" (jalan setapak tertutup di depan toko-toko) sedang menikmati nasi lemak mereka.

Meskipun asal-usul nasi lemak sulit dipastikan, makanan itu telah lama menjadi bagian dari budaya makanan Melayu di Semenanjung Malaysia, yang disebutkan pada 1909 dalam The Circumstances of Malay Life.

Buku karya sarjana Inggris dan pakar Malaya, Sir Richard Olaf Winstedt, itu merinci bagaimana petani dan nelayan Melayu memasak nasi dalam santan serta bumbu berbeda yang mereka makan.

Seiring waktu, kelompok etnis lain mengadopsi dan mengadaptasi resep hidangan. Komunitas keturunan China membuat versi daging babi, sementara sebagian besar orang keturunan India menawarkan nasi lemak dengan daging ayam.

Tetapi nasi lemak sebagian besar masih terkait dengan Malaysia (dan secara tak langsung Singapura, karena Singapura adalah bagian dari negara itu dari tahun 1963 sampai 1965), di mana dia telah berevolusi menjadi makanan jajanan klasik dan pokok nasional yang dicintai dan diperjuangkan oleh penduduk setempat.

"Generasi Malaysia yang lebih tua tidak dapat mengingat saat ketika tidak ada nasi lemak," kata sejarawan makanan Ahmad Najib Ariffin, pendiri Akademi Pembangunan, Geocultures & Etnolinguistik Nusantara yang berfokus pada budaya, tradisi, dan warisan di Asia Tenggara.

"Hampir semua orang [di Malaysia] mengatakan bahwa 'Ya, kami sudah makan nasi lemak, seperti, selamanya'. Dan mereka mengatakan bahwa kakek nenek mereka sendiri juga punya nasi lemak.

Itu menunjukkan kepada Anda bahwa itu adalah bagian dari sejarah makanan Malaysia. Sudah ada begitu lama, [telah] meresap di mana-mana di Semenanjung Malaysia.

Beberapa tahun terakhir terdapat beberapa inovasi aneh dari hidangan yang dicintai masyarakat Malaysia ini. Antara lain, nasi lemak yang terinspirasi dari bumbu kari,es krim, cokelat dan bahkan kondom. Reaksi dari kaum puritan penggemar nasi lemak cenderung hanya variasi dari kata "Tidak".

Mungkin kata-kata pilihan dipilih untuk orang Malaysia yang memimpikan variasi yang agak tidak biasa dan berani membagikannya di Twitter: nasi lemak dengan topping keju parut.

Satu balasan dalam unggahan Twitter itu mengatakan dengan singkat: "Ada tempat khusus di neraka bagi mereka yang mencampur nasi lemak dengan keju."

"Satu-satunya batasan hari ini adalah imajinasi," kata Ariffin.

"Saya harus mengakui bahwa beberapa [inovasi] itu aneh. Anda tidak bisa mengklaim es krim atau cokelat sebagai nasi lemak dalam arti tradisional. Namun, saya menghargai inovasi. Dan setiap kali saya melihat sesuatu seperti itu, saya membayar banyak uang untuk mencobanya. Itulah mengapa hal-hal trendi itu biasanya - bukan produk permanen."

Sementara sebagian besar penduduk setempat melihat inovasi ini sebagai hiburan, kemarahan mereka muncul ketika Singapura berupaya untuk mengklaim bahwa nasi lemak adalah makanan khas mereka.

Meski orang Malaysia mengakui sejarah makanan yang saling berhubungan antara negara-negara di Asia Tenggara, khususnya Nusantara (yang merupakan diaspora rumpun Melayu) -- mereka tidak selalu murah hati terhadap negara kecil di selatan mereka itu.

Pertengkaran soal makanan hampir menjadi hiburan nasional bagi Singapura dan Malaysia, dua negara pencinta makanan yang dulunya merupakan entitas politik tunggal.

Tarik-menarik perang atas kepiting cabai, nasi ayam Hainan, dan cendol atau rendang (dengan Indonesia terkadang menjadikannya pertarungan tiga sudut) telah terjadi berulang kali selama bertahun-tahun.

Dan ketidaksukaan yang lama membara karena Singapura diberikan atau mengklaim pujian atas masakan "asal Malaysia" yang kadang kala meluap, mengakibatkan percekcokan di media sosial.

Nasi lemak adalah hidangan yang saat ini berada di garis tembak, dengan versi baru yang biasanya diluncurkan sekitar waktu perayaan Hari Kemerdekaan kedua negara pada bulan Agustus.

Pada 2017, untuk memperingati Hari Nasional Singapura pada 9 Agustus, McDonald's Singapura meluncurkan Nasi Lemak Burger: paha ayam rasa kelapa, telur goreng, bawang karamel dan irisan mentimun dengan saus sambal yang disajikan di antara roti semolina, yang oleh beberapa orang Malaysia dianggap sebagai apropriasi hidangan "mereka".

Restoran burger Malaysia, myBurgerLab menciptakan burger Nasi Lemak Ayam Rendang untuk memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia pada tanggal 31 Agustus 2017.

Sebuah tweet yang provokatif sebelum peluncurannya menampilkan gambar burger di depan bendera Malaysia dengan teks. : "Singapura yang terhormat, usaha yang bagus, tapi ...".

Beberapa warga Singapura membalas, "Copycats"; sementara yang lain dengan masam mengatakan bahwa masalah Malaysia seharusnya dengan McDonalds daripada Singapura. Burger itu menjadi hit sehingga apa yang awalnya merupakan menu sementara menjadi bagian dari menu reguler myBurgerLab.

Kemudian pada Agustus 2018, ketika Singapura menominasikan budaya jajanannya (terdiri lebih dari 100 ruang makan dalam ruangan di mana para koki menyajikan makanan multikultural - termasuk nasi lemak) untuk daftar Unesco, koki selebriti Malaysia Redzuawan Ismail (lebih dikenal sebagai Chef Wan) menyebut pencalonan itu "sombong", dan menambahkan bahwa "orang yang kurang percaya pada makanan mereka akan berusaha keras untuk melakukan hal-hal ini untuk mendapat pengakuan."

Warga Malaysia sekali lagi jengkel tahun ini, ketika raksasa streaming Netflix, melewatkan masakan eklektik mereka, dan malah menampilkan Singapura sebagai gantinya dalam seri Street Food (Asia).

Sebagai tanggapan, sebuah stasiun radio lokal Malaysia bekerja sama dengan Nazrudin Habibur Rahman, pembawa acara makanan lokal yang sudah berjalan lama Jalan-Jalan Cari Makan ("Scouting Around For Food").

Dengan menggunakan tagar #BersatuForMakan (#UniteForFood), mereka melobi untuk video jajanan yang mereka produksi - termasuk kios Nasi Lemak Tanglin yang terkenal di Kuala Lumpur - untuk ditampilkan dalam seri Netflix.

Tapi apakah nasi lemak benar-benar khas "Malaysia"? Dengan catatan riwayat makanan di wilayah ini, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti.

Najib berpendapat bahwa meskipun nasi yang dimasak dengan santan tidak sendiri khas Malaysia, jenis nasi lemak yang disajikan di sini, dengan bumbu khasnya, adalah khas Malaysia.

"Anda tidak memiliki nasi lemak jenis ini di bagian lain Asia Tenggara," katanya.

Yang lain sedikit lebih berhati-hati tentang meletakkan satu-satunya klaim untuk hidangan dengan sepupu dekat - meskipun dengan perbedaan dalam bahan, bumbu dan rasa - di sekitar Asia Tenggara.

"Saya tidak bisa berkomentar apakah nasi lemak ada dalam buku sejarah Malaysia. Tetapi kita dapat mengatakan bahwa di mana pun ada orang Melayu, nasi lemak adalah makanan umum seperti di Malaysia, Indonesia, Brunei, dan Singapura," kata Mohammad Nazri Samsuddin, manajer generasi ketiga Nasi Lemak Wanjo di Kuala Lumpur.

Memang, versi nasi lemak dapat ditemukan tersebar di berbagai wilayah.

Di Sumatera Utara, Indonesia - nasi lemak disajikan dengan serundeng (parutan kelapa goreng pedas), sambal udang (udang dan kentang potong dadu yang dimasak dengan saus cabai) dan telor balado (telur rebus) dimasak dengan saus sambal). Adapun di kota Betong, Thailand selatan, nasi lemak disertai dengan saus tom yam (sup Thailand yang panas dan asam biasanya dimasak dengan udang).

"Nasi lemak adalah favorit Nusantara! Begitu banyak nama, begitu banyak variasi lintas geografi dan budaya, akan hampir menghujat [untuk mengklaimnya hanya sebagai orang Malaysia]. Jika kita pernah melakukannya, bersiaplah untuk yel-yel 'Ganyang Malingsia' berikutnya [istilah yang diciptakan oleh orang Indonesia yang merujuk pada apa yang mereka klaim sebagai perampasan budaya mereka oleh Malaysia] dari seberang Selat Malaka!," ujar Rahman bergurau.

Ariffin setuju. Mengingat bahwa Kepulauan Melayu telah menyaksikan sejarah pengaruh-silang, migrasi-silang, dan perkawinan silang, ia percaya akan tidak jujur ​​bagi negara mana pun untuk mengklaim lebih dulu pada hidangan yang mendahului batas-batas nasional yang ada sekarang.

"Kami lupa bahwa Singapura dan Malaysia seperti kakak dan adik. Saya selalu suka menyebutkan bahwa kami memiliki orang tua yang sama. Jika orang tua mewariskan resep yang sama kepada anak-anak mereka, tidak ada saudara kandung yang dapat mengatakan bahwa ini hanya milikku," kata Ariffin, yang memiliki keluarga, baik di Malaysia maupun Singapura.

Mungkin pada akhirnya, ini mungkin bukan tentang dari mana hidangan berasal, tetapi siapa yang memiliki daging pemasaran terbaik.

"Di mana kami telah menjadi yang terbaik kedua, diakui, memanfaatkan peleburan kami yang unik. Singapura menang dalam hal pemasaran yang apik. Dari merampas peluang yang tepat dalam memproduksi konten global (yaitu, Netflix) hingga merampas eksposur 'kanan' pada platform global (yaitu, film Crazy Rich Asians), saya angkat topi ke tetangga kami. Itu sesuatu yang bisa kita pelajari dari mereka," kata Rahman.

Namun, Rahman melihat banyak potensi agar Malaysia mendapatkan bagian pujian yang adil.

"Kita harus memproduksi dan menceritakan kisah kita sendiri. Kisah-kisah bagus yang mencerminkan budaya kita, melalui masakan kita. Jika kita tidak menceritakan kisah kita, siapa lagi? Singapura, itu siapa, "katanya.

Dan mungkin Malaysia belum memiliki kata akhir tentang nasi lemak.

Dalam hubungannya dengan Hari Kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus tahun ini, McDonalds Malaysia menghadirkan apa yang bisa menjadi pukulan telak dalam perdebatan tentang nasi lemak.

Sebuah iklan YouTube yang nakan dengan jargon : "Tidak ada yang datang antara orang Malaysia dan nasi lemak mereka", secara tidak langsung menyatakan bahwa nasi lemak raksasa makanan cepat saji sendiri menjadi yang terbaik bahkan yang terbaik yang dapat ditawarkan Singapura.

Kemudian, untuk memperingati Hari Malaysia pada 16 September, perusahaan memprakarsai petisi change.org untuk mengumpulkan 100.000 tanda tangan agar nasi lemak dinyatakan sebagai hidangan nasional Malaysia. (Mereka tidak mencapai target mereka.)

"Itu adalah sesuatu yang ingin dilakukan McDonald's Malaysia untuk sesama warga negara kami, karena, sementara kami telah mengakui popularitas nasi lemak di kalangan orang Malaysia, masih menjadi misteri mengapa Malaysia belum memiliki hidangan nasional," kata Melati Abdul Hai, wakil presiden dan kepala pemasaran McDonald's Malaysia.

Dia membantah, bagaimanapun, bahwa ini adalah alat pemasaran untuk menguangkan "perang makanan", menjelaskan bahwa orang Malaysia telah, dan akan selalu, bersemangat tentang makanan mereka, dan pada intinya, makanan harus menyatukan orang-orang.

"Dengan cara tertentu aku memuji mereka karena mencoba membuat sesuatu yang 'tidak resmi', resmi. Di sisi lain, saya juga berpikir itu mungkin memusuhi Singapura ... mungkin," kata Ariffin.

Orang Malaysia sendiri mengakui bahwa tidak ada yang menyatukan mereka lebih baik daripada masakan mereka yang kaya. Mungkin itu karena makanan mungkin menjadi salah satu dari sedikit penanda identitas yang tersisa yang tidak ternoda di dalam peleburan ini, di mana perselisihan sering digerakkan oleh politisasi perbedaan etnis dan agama.

Pada akhirnya, orang dapat berpendapat bahwa nasi lemak bukan hanya hidangan nasi sederhana. Ini identitas nasional bersama. Dan terkadang itu adalah wilayah yang sebaiknya tidak disentuh.

Food Wars adalah seri dari BBC Travel yang mengundang Anda untuk merasakan kepanasan ketika gairah mengembang di sekitar hidangan tercinta yang membentuk identitas budaya.

Anda bisa membaca versi bahasa Inggris dari artikel ini, Where is Malaysia's national dish? di laman BBC Travel.

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
November 20, 2019 at 09:33AM
https://ift.tt/2KC6rHz

Apakah nasi lemak benar-benar makanan khas Malaysia? - BBC Indonesia
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah nasi lemak benar-benar makanan khas Malaysia? - BBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.