Search

Nasi Putih Tidak Menjadikan Kegendutan dan Meningkatkan Tekanan Gula Selama Tidak Berlebihan - Warta Kota

Selama ini, nasi putih adalah dinilai menjadi musuh oleh sebagian orang terutama yang sedang menurunkan berat badan dan para penderita diabetes karena dianggap tinggi gula dan cepat membuat gendut.

Terkait anggapan tersebut Sekretaris Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dr Em Yunir menuturkan kalau yang membuat efek-efek negatif tersebut jika nasi ditambah dengan lauk-pauk yang berlebih.

“Nasi jadi kambing hitam karena pola makan kita kan tinggi karbo nasi segunung lauknya sedikit, itu kan banyak kalori yang masuk,” kata dr Em Yunir saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Terungkap Keanehan Ikan Berwajah Manusia Tertangkap Kamera Tampak di Danau Bukti Manusia Ikan Ada?

Misalnya jika memiliki tinggi 160 cm, maka maksimal kalori yang dikonsumsi perhari adalah 1.700 kalori sedangkan satu tumpuk nasi padang saja kalorinya bisa mencapai 175 hingga 200 kalori.

Kemudian yang membuat tekanan gula dalam tubuh cepat tinggi, karena nasi mengandung indeks glisemik tinggi yang dalam satu hingga dua jam cepat menaikkan tekanan gula darah.

“Karena kan nasi indeks glisemik tinggi kalau makanan yang lain pelan-pelan naiknya jadi memberin pankreas mengeluarkan insulin pelan-pelan,” ucap dr Em Yunir.

Korban Disiram Air Keras Tidak Guling-guling Membuat Dewi Tanjung Menuduh Novel Baswedan Merekayasa

Lalu adanya mitos kalau nasi putih lebih baik dikonsumsi saat dingin karena rendah gula pun langsung dipatahkan oleh dr. Em Yunir, karena tidak ada pengaruhnya.

“Kalau nasi hangat dijauhkan ya karena selera kalau nasi panas kan bikin nambah terus jadi banyak gulanya,” kata dr. Em Yunir.

Ada berbagai pilihan nasi lain yang dimodifikasi sehingga memiliki indeks glisemik yang rendah namun efek jangka panjangnya tetap menumpukkan gula di dalam tubuh.

“Ada nasi hitam sehingga indeksnya rendah jadi kenaikan gula darahnya beda tapi katanya efek jangka panjangnya sama saja,” kata dr Em Yunir. (Apfia Tioconny Billy)

Tiga Putri Sedarah Sukses Membunuh Ayah Pemerkosa Saat Tidur Pulas di Kursi dengan Tikaman Mematikan

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
November 11, 2019 at 10:47PM
https://ift.tt/32yTWTy

Nasi Putih Tidak Menjadikan Kegendutan dan Meningkatkan Tekanan Gula Selama Tidak Berlebihan - Warta Kota
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nasi Putih Tidak Menjadikan Kegendutan dan Meningkatkan Tekanan Gula Selama Tidak Berlebihan - Warta Kota"

Post a Comment

Powered by Blogger.