Search

Nasi Padang: Sejarah, kalori, dan semua hal yang perlu Anda tahu - Tribunnews

Nasi Padang masih menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara. Namun, ada berbagai hal unik dan menarik seputar Nasi Padang yang barangkali belum diketahui banyak orang.

Ilustrasi pelayan di rumah makan Padang membawa tumpukan piring berisi lauk-pauk.
BBC

Nasi Padang masih menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara.

Berdasarkan sebuah survei pada 2017, ikon Nasi Padang, rendang, disebut sebagai makanan terenak dunia — disusul oleh nasi goreng pada peringkat dua.

Namun, ada berbagai hal unik dan menarik seputar Nasi Padang yang barangkali belum diketahui banyak orang.

Untuk menjelaskan seluk-beluk Nasi Padang, BBC News Indonesia melakukan survei dan wawancara. Hasilnya dapat Anda simak berikut ini:

Mengapa disebut "Nasi Padang"?

Nasi Padang adalah sebutan bagi makanan khas Minangkabau, dibeli di restoran khusus yang biasanya dimiliki dan dikelola oleh orang Minangkabau. Restoran seperti ini dikenal dengan nama Rumah Makan Padang.

"Rumah makan Padang" sebenarnya merupakan penamaan kontemporer bagi restoran Minangkabau yang mulai populer pada akhir 1960-an.

Penyebutan "Padang" adalah bagian dari perubahan identitas yang dilakukan oleh orang Minangkabau saat itu, menyusul pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatera Barat.

Setelah pemberontakan PRRI resmi berakhir pada 1961, pemerintah pusat berusaha menghabisi semua elemen PRRI. Akibatnya, terjadi eksodus besar-besaran suku Minangkabau ke daerah lain, termasuk ke Pulau Jawa.

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
November 29, 2019 at 11:26AM
https://ift.tt/2L3np1W

Nasi Padang: Sejarah, kalori, dan semua hal yang perlu Anda tahu - Tribunnews
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nasi Padang: Sejarah, kalori, dan semua hal yang perlu Anda tahu - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.