Search

Tak Banyak yang Tahu, Simak 4 Tips Memasak Nasi agar Pulen Sempurna - Haibunda

Jakarta - Tidak ada nasi, berarti belum makan. Itulah ungkapan khas orang Indonesia yang enggak bisa jauh dari nasi sebagai makanan utama sehari-hari.

Nasi sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun umumnya kita hanya mengenal nasi merah dan nasi putih. Menurut ahli diet Ryan Raman, MS, RD, nasi merah mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan nasi putih. Tapi, kedua jenis nasi ini memiliki kelebihan masing-masing, Bun.


"Secara umum, nasi merah juga memiliki jumlah vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada nasi putih. Namun, nasi putih diperkaya lebih tinggi zat besi dan folat," kata Raman, dikutip dari Healthline, Rabu (29/4/2020).

Nasi putih menjadi pilihan banyak orang untuk makan. Raman mengatakan, nasi putih disukai karena memiliki rasa hambar dan mudah untuk dicerna tubuh.

Lalu bagaimana cara memasak nasi dengan benar agar matang sempurna dan rasanya pulen? Dilansir laman Medium, berikut 4 tips menurut Mark Bittman, penulis buku How to Cook Everything. Catat ya, Bunda!

1. Cuci beras

Masukkan 1 1/2 cangkir beras dalam panci sedang dan beri air sambil diaduk-aduk. Tuangkan air sedikit demi sedikit dengan hati-hati dan buang air. Ulangi sampai air terlihat jernih.

Kalau Bunda ingin membuat nasi putih, bisa mulai dengan 2 1/4 gelas air. Untuk nasi merah, tambahkan 2 1/2 gelas. Lalu, tambahkan sedikit garam. Untuk memastikan air cukup tau tidak, bisa dipastikan air menutupi beras sebesar 1/2 inci.

Tak Banyak yang Tahu, Simak 4 Tips Memasak Nasi agar Pulen SempurnaTak Banyak yang Tahu, Simak 4 Tips Memasak Nasi agar Pulen Sempurna/ Foto: iStock

2. Sesuaikan panasnya

Letakkan panci di atas kompor dengan api besar. Setelah mendidih, gunakan api sedang atau sedang-rendah sehingga gelembung tetap ada tapi tidak banyak. Tutup panci dan tunggu 15 menit untuk nasi putih, 30 menit nasi merah.

3. Periksa kematangan

Bunda sapat memeriksa nasi setiap beberapa menit dan mencicipi untuk memastikan nasi empuk dan matang. Pastikan nasi tidak kering, namun tidak lengket atau gosong dengan mengecek air yang tersisa saat memasak nasi.

Nasi putih membutuhkan waktu 15 hingga 25 menit, sedangkan nasi merah 40 hingga 50 menit. Jika ada air dan nasi sudah matang, segera tiriskan air. Namun, jika nasi belum matang, tapi air sudah habis, Bunda bisa tambahkan 1/4 gelas air dan dimasak lagi sampai lunak.


4. Aduk nasi

Setelah nasi matang, biarkan selama 5 hingga 15 menit. Sebelum disajikan, tambahkan sedikit mentega atau minyak zaitun (olive oil) sekitar 2 sdm. Kemudian aduk dan cicipi rasanya. Bunda bisa menambahkan garam jika diperlukan.

Selamat mencoba ya!

Simak juga resep nasi goreng cumi bakar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)

Let's block ads! (Why?)



"nasi" - Google Berita
April 30, 2020 at 09:23AM
https://ift.tt/2SkRDRP

Tak Banyak yang Tahu, Simak 4 Tips Memasak Nasi agar Pulen Sempurna - Haibunda
"nasi" - Google Berita
https://ift.tt/2IdrjUu

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Banyak yang Tahu, Simak 4 Tips Memasak Nasi agar Pulen Sempurna - Haibunda"

Post a Comment

Powered by Blogger.